Selasa, 05 Mei 2015

AKUN TWITTER @PSSI_FAI


Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia, disingkat PSSI, adalah organisasi induk yang bertugas mengatur kegiatan olahraga sepak bola di Indonesia. PSSI berdiri pada tanggal 19 April 1930 dengan nama awal Persatuan Sepak Raga Seluruh Indonesia. Ketua umum pertamanya adalah Ir. Soeratin Sosrosoegondo.

PSSI bergabung dengan FIFA pada tahun 1952, kemudian dengan AFC pada tahun 1954. Ketua Umum PSSI saat ini adalah La Nyalla Mahmud Mattalitti.

PSSI ini memiliki beberapa akun sosial media yang cukup dikelola dengan baik. Salah satu di antaranya yang paling aktif adalah akun twitter dengan username @PSSI_FAI. Setelah ini akan dianalisa dan dibahas lebih dalam mengenai akun tersebut.

Gambar 1. Profil Depan Twitter @PSSI_FAI


Analisa akun twitter @PSSI_FAI :

1. Konten Tweet
Jika diamati konten/isi dari tweet @PSSI_FAI, dapat dilihat bahwa konten yang berisi informasi penting untuk masyarakat yang ingin mengetahui perkembangan  sepak bola Indonesia. Selain itu juga terdapat konten yang berisi balasan mention yang masuk dari masyarakat ke akun twitter @PSSI_FAI.

Gambar 2. Konten Informasi


Gambar 3. Konten balasan


2. Keaktifan
Jika diamati dari keaktifan akun @PSSI_FAI mengupdate tweet, maka akun ini dinilai merupakan akun yang aktif. Bisa dikatakan seperti itu karena dalam seharinya paling tidak ada lebih dari 10 tweet yang telah terupdate yang berisi baik hanya sekedar informasi penting untuk masyarakat maupun balasan mention dari admin kepada masyarakat.

Gambar 4. Beberapa tweet dari @PSSI_FAI



3. Tanggapan Kasus
Dalam menanggapi kasus, akun @PSSI_FAI  tidak secara langsung menanggapinya di twitter melalui kicauannya. Namun, akun @PSSI_FAI membantu menyebarkan informasi mengenai tanggapan kasus yang sumbernya langsung dari website PSSI dan disebar melalui link seperti http://pssi.org/in/read/PSSI/PSSI-Sampaikan-Surat-FIFA-Tanpa-Kembali-Ditemui-Menpora-6814

 Gambar 5. Tanggapan kasus



4. Respon Keluhan/Mention dari Masyarakat
Dalam menanggapi respon keluhan atau mention dari masyarakat, akun @PSSI_FAI merupakan akun yang kurang responsif. Dapat dikatakan seperti itu karena dalam membalas keluhan yang masuk hampir semua hanya di Retweet..

                                                    Gambar 6. Respon dari masyarakat

Kesimpulan : Pada akun pemerintahan seperti ini seharusnya dalam menanggapi komentar/keluhan dari pada masyarakat Indonesia seharusnya mention yang masuk ke akun tersebut diharapkan untuk membalas setiap mention tersebut tidak hanya Retweet saja. 

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar